Daily Archives: June 25, 2013

Wisata Murah Meriah di Singapore – Dijamin puas buat Budget Traveler Part 1

LT96

Bagiku ini bukan sekedar judul. Sebenarnya aku hanya mencoba berkaca dari diriku, apa yang menjadi kebutuhanku dan bagaimana caraku untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  Dan saat ini aku sedang menyusun rencana untuk bepergian ke beberapa Negara sekitar asia dan mulai berpikir Negara mana yang mungkin dapat kukunjungi dan masih tetap dapat menikmati liburan dengan budget backpacker seperti biasa.

Pilihan pertama jatuh pada SINGAPORE

1. Sistem transportasi informasi penting bagi traveler di Singapore

Yang menarik dari Singapore adalah system transportasi yang sangat baik. Baik MRT, kapal pesiar, pesawat terbang, bus maupun taxi semua terkelola dengan sangat baik. Mengenai tarif sepertinya sangat wajar dengan fasilitas yang diberikan. Tidak terlalu mahal.

Yang terbaik adalah system MRT nya yang dapat membawa kita berkeliling Singapore dalam waktu singkat, bahkan sampai ke perbatasan Malaysia – Johor Bahru dan juga ke pelabuhan menuju Batam – Indonesia. Jika kamu tersesat cukup naik MRT yang berikutnya dan selama kamu tidak keluar dari platform maka kamu tidak perlu membayar lebih.

LT69

Selain subway system masih ada beberapa alternatif transportasi lainnya yang dapat kita gunakan seperti taxi, bus ataupun boat. Khusus taxi maksimum penumpang biasanya 3 orang dan kalau kita bayar patungan tentu tarif menjadi lebih murah dan terkadang bisa lebih murah dibandingkan dengan harga MRT jika di charge perorang. Satu hal yang perlu diperhatikan pada saat kita naik taxi pada malam dari tengah malam sampai pagi subuh maka tarif kita akan ditambah 50% lebih banyak dari tarif normal.

2. EZ LINK CARD Kartu Transportasi saat travel di Singapore

LT70

Ini salah satu pass yang dipakai oleh Singaporean. Untuk tourist biasanya ada pass tersendiri, namun saya sarankan untuk membeli EZ Link Pass karena harganya murah Cuma 12 SGD dan kita akan dikenai deposit 5SGD. Selain itu menurut informasi dari salah seorang teman yang pernah sekolah di Singapore, bahwa dengan pass ini biaya transportasi jadi lebih murah karena di charge untuk warga lokal. Pass in berlaku untuk 5 tahun, jadi jika kamu berniat untuk kembali ke Singapore dalam jangka waktu 5 tahun maka pass ini masih bisa dipakai alias belum expired.

3. Wisata kuliner saat travel di Singapore

LT99

Makanan dapat diperoleh dengan mudah dicafe yang tersebar dipenjuru Singapore.

Singapore menurut saya identik dengan mall, dimana ada mall maka dipastikan ada restaurant. Namun untuk mendapat yang murah juga tidak sulit, karena disetiap food court umumnya terdapat makanan dengan budget antara 3 – 7 SGD. Bahkan seperti KFC atau junkfood sejenis cuma membandrol makanan sekitar 5 SGD per paket.

Salah satu pasar lokal yang menyediakan makanan yang sangat bervariasi adalah pasar diwilayah bugis. Kamu dapat memilih makanan dengan mudah karena informasi dari gambar mengenai makanan dan harga sudah terlihat dengan sangat jelas.Air mineral Cuma 1 SGD, namun kita bebas meminum air bersih dan higienis dari kran. Umumnya ada papan peringatan untuk tempat yang tidak layak untuk dijadikant sumber air minum.

4. Travel dan shopping di Singapore

LT78

Belanja murah meriah juga mudah ditemukan bahkan di daerah Orchard sekalipun sering ditemukan sale besar-besaran. Musim sale yang paling ditunggu adalah dibulan Mei. Namun biasanya sale ini dibuat lebih cepat karena mereka mengutamakan agar sale itu dinikmati untuk Singaporean terlebih dulu. Wisatawan yang terkenal maniak belanja umumnya yang berasal dari Indonesia. Sekali belanja mereka bisa membeli dalam jumlah banyak. Bahkan saya sering melihat orang Indonesia yang memegang lebih dari 4 – 5 bungkusan ditangan. Hal ini lebih karena mereka punya kebiasaan untuk pulang dengan membawa oleh-oleh buat keluarga, sahabat maupun rekan kerja.

LT60

Bagaimanapun di Indonesia hal ini telah menjadi budaya, tapi bagi saya hal ini cenderung jadi merepotkan. Kenapa? Karena jujur saya tidak ingin bagasi saya menjadi over bagage, mahal eui… Prinsip saya sih sebisanya untuk tidak beli bagasi, kemanapun saya pergi dan klo bisa mau seberapa lamapun masa travel saya hehehehe….

Satu pelajaran berharga saya alami Januari`13 yang lalu. Karena saya tidak memesan bagasi dan ternyata bagasi saya sudah melebihi batas maksimum. Saya sebenarnya tidak keberatan kalau harus bayar kelebihan bagasi namun ternyata petugas di counter check inn tidak ikut menimbang backpack saya padahal isinya laptop dan barang-barang yang lumayan berat. masalah muncul ketika sampai di bagian imigrasi dan semua bagasi ditimbang. Alhasil terhitung beban backpack tersebut sampai 5kg dan saya terpaksa menyumbang 100SGD. Siallll…!!! Padahal kalau bayar dicounter pasti jauh lebih murah…hikksss..

LT100

Banyak barang bermerk yang dijual dengan harga sangat mahal di Indonesia dan dijual murah karena kebetulan sedang sale di Singapore.

Beberapa tempat belanja yang umumnya dikejar para tamu adalah Orchard Road (belum ke Singapore kalau tidak ke Orchard Road katanya), Mustafa, Little India, Lucky Plaza, dan banyak tempat belanja lainnya.

Oke teman-teman untuk topik mengenai wisata murah meriah diSingapore ini akan saya bagi menjadi 2 bagian karena isinya yang sangat panjang. So, silahkan menunggu bagian ke-2nya.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Hari minggu saatnya pamer Anjing kesayangan di Yoyogi Park – Jepang

Akihabara salah satu pusat perdagangan elektronik terbesar di jepang

GWK – Garuda Wisnu Kencana – tujuan wisata di Bali

Cara minum kopi yang benar untuk kesehatan

Berburu Sakura saat travel di Jepang

4 Comments

Filed under Travel