Arti Warna dalam Ilmu Psikologi – lalu apa warna kepribadianmu..?!!

Let`s talk about colour now…

Berhubung hari ini saya dan beberapa teman sedang dalam tahap mendesign logo perusahaan baru yang sedang kami rintis dan belum menemukan kata sepakat tentang warna yang akan kita gunakan dilogo tersebut. Jadi berikut ini referensi yang saya pakai dalam menjelaskan arti warna dalam ilmu psikologi. Bagaimanapun untuk urusan bisnis kita harus mengolah segala aspek yang terkait dengan serius dan hati-hati.

Banyak orang yang mengidentikkan warna dengan karakter seseorang. Begitu juga dengan dunia usaha. Pembuatan logo adalah satu hal yang sangat penting. Dalam setiap aspek perusahaan akan selalu melibatkan logo ini. Sebagai contoh kartu nama, kop surat, brand perusahaan, dll. Logo ini akan menjadi wajah perusahaan saat bertemu dengan calon nasabah.

Jadi tugas awal adalah membuat konsep logo yang menarik dan memiliki nilai jual yang tinggi. Poin penting didalamnya adalah warna. Sebagai catatan warna favorit kita belum tentu sesuai dengan warna dilogo. Jadi harus ditentukan dulu jenis usaha yang tepat, lalu konsep yang jelas dan content dari logo itu sendiri.

colorwheel

Oke sekedar informasi bahwa warna dapat di bagi dalam 2 golongan warna dasar, antara lain:

1. Warna Dasar – Primer

Warna dasar terdiri dari 2 golongan.

1. Golongan pertama terdiri dari 3 warna dasar yaitu merah, kuning dan biru.
2. Golongan kedua terdiri dari 3 warna dasar juga yaitu merah, hijau dan biru.

Golongan pertama digunakan sebagai warna dasar untuk melihat benda dan golongan kedua untuk melihat cahaya (warna dasar yang terlihat saat kita menonton TV ataupun layar monitor dikomputer).

primer

2. Warna Sekunder

Warna sekunder dihasilkan dari percampuran 2 jenis warna dasar. Misalnya : Merah + Kuning = Oranye.

3. Warna Tersier

Warna tersier merupakan hasil dari penggabungan warna sekunder dengan 1 jenis warna primer.
Contoh: Oranye + Merah = Merah-oranye.

Penjelasan lebih detail mengenai konsep warna dasar ini akan coba saya jelaskan dilain waktu karena sekarang saya akan lebih fokus pada pemaknaan warna dari pandangan ilmu psikologi terlebih dulu.

So, let`s check it out guys…

1. Warna Merah

red

Warna merah memberi arti gairah dan memberi energy dan menyerukan terlaksananya suatu tindakan.
Dalam psikologi warna merah merupakan simbol dari energi, gairah, action, kekuatan dan kegembiraan. Dominasi warna merah mampu merangsang indra fisik seperti meningkatkan nafsu makan dan gairah seksual.

Negatifnya warna merah identik dengan kekerasan dan kecemasan. Untuk menjaga keseimbangannya warna merah baik jika dipadukan dengan warna biru muda.

2. Warna Oranye

Oranye merupakan kombinasi antara warna merah dan kuning.

oranye

Warna oranye memberi kesan hangat dan bersemangat. Warna ini merupakan symbol dari petualangan, optimisme, percaya diri dan kemampuan dalam bersosialisasi. Warna oranye sebagai peleburan dari warna merah dan kuning, sama-sama memberi efek yang kuat dan hangat.

Namun sekedar catatan bahwa warna oranye juga dapat memberi kesan murah jika digunakan terlalu dominan, karena warna ini memberi kesan mudah untuk dijangkau. Warna yang baik untuk dipasangkan dengan warna oranye diantaranya adalah warna ungu atau biru karena akan memberi kesan unik dan berkelas.

3. Warna Kuning

yellow

Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat dan ceria.

Dari sisi psikologi keberadaan warna kuning dapat merangsang aktivitas pikiran dan mental. Warna kuning sangat baik digunakan untuk membantu penalaran secara logis dan analitis sehingga individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, mereka lebih kreatif dan pandai meciptakan ide yang original.

Namun negatifnya mereka juga orang yang mudah cemas, gelisah dan sering dikuasai ketakutan, terlebih dalam menghadapi orang yang juga sedang merasa tertekan ataupun stress mereka cenderung menjadi terlalu kritis dan menghakimi.

4. Warna Biru

Warna biru umumnya memberi efek menenangkan dan diyakini mampu mengatasi insomnia, kecemasan, tekanan darah tinggi dan migraine. Didalam dunia bisnis warna biru disebut sebagai warna corporate karena hampir sebagian besar perusahaan menggunakan biru sebagai warna utamanya. Hal ini dikarenakan warna biru mampu memberi kesan profesional dan kepercayaan.

blue

Diyakini bahwa warna biru dapat merangsang kemampuan berkomunikasi, ekspresi artistic dan juga sebagai symbol kekuatan. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna biru tua mampu merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi.

5. Warna Hijau.

green

Warna hijau adalah warna yang identik dengan alam dan mampu memberi suasana tenang dan santai. Berdasarkan cara pandang ilmu psikologi warna hijau sangat membantu seseorang yang berada dalam situasi tertekan untuk menjadi lebih mampu dalam menyeimbangkan emosi dan memudahkan keterbukaan dalam berkomunikasi. Hal ini diyakini sebagai efek rileksasi dan menenangkan yang terkandung dalam warna ini. Didalam bidang design warna hijau memiliki nilai tersendiri karena dapat memberi kesan segar dan membumi terlebih jika dikombinasikan dengan warna coklat gelap.

6. Warna Hitam

black

Warna hitam adalah warna yang akan memberi kesan suram, gelap dan menakutkan namun juga elegan. Karena itu elemen apapun jika dikombinasikan dengan warna hitam akan terlihat menarik .

7. Warna Putih

white

Salah satu kelebihan warna putih adalah kemampuannya untuk membantu mengurangi rasa nyeri. Ini dikarenakan warna putih memberi kesan kebebasan dan keterbukaan. Kekurangan warna putih adalah dapat memberi rasa sakit kepala dan mata lelah jika warna ini terlalu mendominasi.

Bagi pekerja kesehatan warna putih memberi kesan steril. Putih sebagai warna yang murni dan tidak menggunakan campuran apapun memberi arti yang suci dan bersih. Untuk design yang minimalis penggunaan warna putih dapat menjadi pilihan yang tepat.

8. Warna Coklat

brown

Warna coklat adalah salah satu warna yang mengandung unsur bumi. Dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. Kelebihan lainnya adalah warna coklat dapat menimbulkan kesan modern, canggih dan mahal karena kedekatannya dengan warna emas.

Secara psikologis warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan. Design logo yang tepat untuk warna coklat adalah usaha seperti firma hukum.

Nah, demikian ulasan yang dapat saya buat terkait topik mengenai warna…

Dengan adanya informasi ini, semoga kita sama-sama dapat belajar dan menjadi lebih pintar dalam padu padankan warna, namun yang lebih penting adalah menjadi lebih mengerti karakter pribadi teman-teman sekalian. Dari sini kita bisa mengerti apa warna yang paling sesuai dengan kita dan bagaimana cara menyeimbangkan warna tersebut sehingga karakter keras yang cenderung negatif dapat diresidu menjadi karakter yang lebih positif.

Begitu juga dalam pemilihan warna dalam mendesign logo, pemilihan warna cat rumah, maupun pakaian dan aksesoris yang tepat. Toh segala sesuatu dalam hidup kita tidak pernah lepas dari warna bukan…?!!

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Berpetualang di kota paling berhantu di Singapore

Candi Borobudur warisan sejarah kelas dunia bagi traveler di Indonesia

Menyaksikan Bali Kite Festival di Sanur – Bali

Pengalaman Bermalam di Haneda Airport – Travel di Tokyo – Jepang

Pengertian Depresi

53 Comments

June 24, 2013 · 12:39 pm

53 responses to “Arti Warna dalam Ilmu Psikologi – lalu apa warna kepribadianmu..?!!

  1. belikaospolos

    bermanfaat terimakasih.

  2. eta

    Ijin share min…

  3. thanks ya kak🙂 ilmu nya buat tambahan di website aku , ada nama kk kok

  4. suleha

    keren.makasih

  5. Pras

    Sangat Menarik, Mohon Tambahin dong untuk warna Emas (Gold) dan Perak (Silver)

  6. Warna merah memang cocok ya kalau buat makanan. Tapi masalahnya sudah banyak yang pakai warna merah nih buat makanan. Enaknya pink atau oranye ya?

  7. warna hitam… saya suka,, saya suka….

  8. Artikel yang sangat menarik, terima kasih sudah berbagi.

  9. erik

    bermanfaat.. terimakasih

  10. bagus bos penjelasan arti-arti warnanya… trimsinfonya

  11. cocok nih buat referensi kalau milih warna
    sip deh thanks🙂

  12. nice gan, ijin nyimak yak

  13. NenxImazz

    Warna Ungu & Pink nya mana? Ko gak ada gan?

    • Hi..

      Warna ungu n pink ada diantara red dan violet..coba lihat the color wheel diatas.. untuk mengartikannya silahkan gabungkan arti dari masing2 warna red dan violet.. kamu lebih dominan yg mana… singkatnya spt itu aja.. hehehe… Thanks

  14. Thanks aku jadiin sumber nih😀

  15. wah, keren nih ulasannya. Makasih ya mba

  16. Nabila AYP

    Terimakasih infonya.
    Izin ngopy buat materi UAS..

  17. Truzz yg warna ungu giimana ..???

  18. Jadi banyak tahu ni tentang arti dari setiap wrna hehe..
    Mampir jg di blog sya yaaa ^^
    bnyk artikel psikologi jga

  19. wah. trimakasih nih. kebetulan ane lagi mau bikin logo buat blog ane. sekaligus bikin tutorial bikin logo untk di post di blog.

    lanjutkan mas brow…

  20. Antok

    kalau warna ungu bagaimana karakteristiknya prof??

    • Hi Anto,

      Mari kita belajar bersama mengenai karakter teman penyuka warna ungu…
      Berdasarkan gambar color wheel diatas kita bisa melihat bahwa warna “ungu” merupakan perpaduan antara warna merah dan biru.

      Mungkin bisa disimpulkan bahwa energy berlebih yang ada pada merah diredakan atau diseimbangkan dengan ketenangan yang ada pada biru. Dari sebuah artikel saya membaca bahwa penyuka warna ungu cenderung mudah mempelajari hal – hal baru namun juga penuh pertimbangan dalam mengambil keputusan.

      Ok..semoga kamu happy dgn jawaban ini ya..

      Salam,

      Erbina

  21. AA

    Kenapa gak ada warna ungu?

  22. AGUS HARTONO

    GOOD FOR YOU ERBINA BARUS, IAM LIKE COLOUR BLUE AND RIDE

  23. kren…!!!
    thanks infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s