Parade Ogoh Ogoh menjelang perayaan Nyepi di Bali

Hari Raya Nyepi adalah salah satu perayaan keagamaan terbesar bagi umat Hindu di Bali. Banyak hal menarik yang dapat kita saksikan dalam menyambut Hari Raya Nyepi. Salah satunya adalah parade Ogoh Ogoh yang secara serentak dilaksanakan disetiap desa di Bali.

Hari Raya Nyepi di Bali

Hari raya Nyepi merupakan perayaan tahun baru bagi umat Hindu dan merupakan langkah awal untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam  membersihkan alam manusia dengan alam semesta sehingga terdapat keseimbangan dan kesucian antara manusia dan alam.

Dalam menyambut Hari Raya Nyepi teman traveler akan melihat banyak ritual yang dilakukan penduduk Bali, misalnya sembahyang, perlombaan ogoh – ogoh dan lain-lain. Hingga akhirnya Perayaan Nyepi tiba dan setiap orang yang berada dipulau Bali diharuskan untuk menikmati kesunyian, berdiam diri dan tidak menciptakan keributan. Seluruh pelayanan umum kecuali Rumah Sakit akan dihentikan selama 24 jam penuh, bahkan bandara juga akan ditutup. Akan ada sanksi bagi orang yang melanggar peraturan ini.

Tahun pertama di Bali saya merasa begitu exciting mengenai peraturan ini, tanpa lampu dimalam hari dan keadaan benar – benar sunyi senyap. Tahun kedua saya sudah mulai terbiasa dan merasa sangat nyaman karena ini adalah waktu yang sangat berharga bagi kita untuk menikmati alam apa adanya, menggunakan waktu ini untuk introspeksi diri. Saya rasa jika ada 1 hari dalam 1 tahun untuk seluruh manusia akan memberi pengaruh yang sangat baik bagi bumi tentunya.

Parade Ogoh Ogoh di Bali

Salah satu festival yang paling dinantikan menjelang Hari Raya Nyepi adalah festival ogoh – ogoh yang dapat disaksikan oleh teman traveler di Bali. Saya pernah berkeliling seharian untuk menyaksikan ogoh – ogoh dari wilayah Batur sampai Sanur. Tahun berikutnya saya focus di wilayah Sanur karena festival ogoh – ogoh di Sanur selalu yang terbaik.

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 1

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 2

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 4

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 5

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 7

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 3

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 6

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 8

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 10

ogoh ogoh nyepi bali indonesia travel 9Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Mari travel ke Danau Toba – Sumatera Utara di Indonesia

Bermain dengan ikan di Osaka Akuarium – Osaka, Jepang

Rafting di Ubud – Bali bagi traveler sejati

Travel di Nusa Lembongan surganya diver di Bali

Yoyogi park – Tokyo taman favorit penduduk Jepang dan traveler

Leave a comment

Filed under Bali, Indonesia, Travel, umum

Leave a comment