Mari travel ke Danau Toba – Sumatera Utara di Indonesia

Teman traveler pernahkah mendengar tentang Danau Toba? Ini adalah salah satu danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara dan salah satu keajaiban alam terkait danau ini adalah keberadaan sebuah pulau vulkanik ditengah danau ini yang bernama Pulau Samosir.

toba lake sumatra indonesia travel 1

Proses pembentukan Danau Toba dan Pulau Samosir di Indonesia

Menurut para ahli terjadi sebuah letusan gunung berapi super selama 1 minggu berturut – turut sekitar 75.000 tahun yang lalu. Diperkirakan lontaran debunya mencapai 10km diatas permukaan laut, bahkan dengan bantuan angin debu tersebut telah menyebar luas hampir keseparuh bumi. Akibat kerasnya letusan tersebut maka terbentuk kaldera yang terisi oleh air dan dikenal sebagai Danau Toba dan tekanan magma ke permukaan bumi menyebabkan munculnya Pulau Samosir.

Oke demikian sekilas informasi mengenai asal muasal terbentuknya Danau Toba dan Pulau Samosir yang ajaib itu. Hal ajaib lainnya adalah kaldera ini menyajikan pemandangan alam yang luar biasa indah dan perasaan damai pasti akan segera menyelimuti ketika bahkan hanya memandangnya dari kejauhan.

Saya telah melihat mungkin hampir keseluruhan Danau Toba dari beberap desa yang mengelilinginya, namun tetap saja Danau Toba selalu indah dipandang dari berbagai sisi. Hm..rasanya rindu sekali ingin travel ke Danau Toba ini.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Ubud kombinasi keindahan alam dan villa mewah pilihan traveler di Bali

Uniknya Candi Prambanan di Yogyakarta – Indonesia

Travel ke Jepang dan menyaksikan Osaka Castle di Osaka City

Hiking di Gunung Batur Bali salah satu geopark dunia

Paket travel ke Jepang – menyaksikan Gunung Fuji dari Hakone dan Lake Ashi

Leave a comment

Filed under Indonesia, medan, Travel

Leave a comment