Menyaksikan Bali Kite Festival di Sanur – Bali

Hari minggu lalu saya menyaksikan Bali Kite Festival di Pantai Merta Sari di Sanur – Bali. Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan diwilayah Sanur. Menjadi salah satu festival bertaraf international memancing antusiasme luar biasa dari ratusan peserta yang ikut serta dalam festival ini. Tidak hanya diramaikan oleh peserta namun juga menjadi tontonan yang menarik perhatian para traveler di Bali juga tentunya.

bali kite festival travel bali 7

Bagaimana layangan bisa mendapatkan tempat khusus di Bali? Ternyata bermain layang – layang termasuk salah satu hal yang gemar dilakukan terutama untuk daerah tepi pantai yang memiliki angina yang sangat baik buat bermain layangan.

Selain faktor angin yang mendukung ternyata dari sisi religious, permainan ini memiliki makna khusus sebagai persembahan kepada Dewa Rare Anggon yang dianggap sebagai pelindung sawah sehingga petani tidak akan mengalami gangguan dari hama wereng maupun burung.

Perlengkapan dan persiapan lomba

Persiapan yang dilakukan untuk menjadi peserta lomba juga patut mendapat acungan jempol.

Layangan raksasa

Yang paling utama tentu saja membawa layang – layang. Semakin besar layangan semakin menarik perhatian.  Awalnya saya tidak mengerti bagaimana cara mereka menerbangkan layang – layang raksasa itu kelangit dan ternyata tidak menggunakan benang, namun sejenis tali terbuat dari plastic dan layangan raksasa menggunakan tali yang lebih besar. Ukuran layangan bervariasi antara 4 meter – 10 meter.

bali kite festival travel bali 4

Transportasi

Untuk membawa layang – layang tersebut dari tiap Banjar menuju Pantai Merta Sari juga memberi cerita tersendiri. Transportasi bukanlah kendala disini. Layangan raksasa dapat dibawa menggunakan truck besar dan yang ukuran kecil menggunakan pickup. Yang bertugas mengangkat bisa puluhan orang. Untuk menjaga agar layangan selamat sampai di Pantai Merta Sari di Sanur, maka kendaraan yang digunakan harus berjalan sangat pelan. Akibatnya jalanpun menjadi macet dimana – mana, namun uniknya penduduk di Bali selalu sangat pengertian akan kemacetan seperti ini. Petugas polisipun siap siaga membantu mengatur lalu lintas.  Bali memang damai.

bali kite festival travel bali 17

Musik Pengiring

Bukan Bali namanya kalau tidak ada gamelan ciri khas Bali dalam iring – iringan. Bahkan untuk berpartisipasi dalam Bali Kite festival ini music tradisional Bali juga tetap ada dalam tiap group.

bali kite festival travel bali 9

bali kite festival travel bali 11

Aturan bermain

Ketika layangan sudah mulai terbang permainan dianggap mulai, namun ketika layangan terjatuh maka permainan dianggap selesai dan tidak boleh diulang lagi. Semakin lama diudara tentu semakin tinggi nilainya. Semakin menarik dan semakin besar layangan maka nilainya juga akan bertambah.

bali kite festival travel bali 12

Kendala saat bermain layangan

Tidak jarang peserta mengalami kesulitan menerbangkan layangannya. Semakin besar layangan maka semkain luas daerah yang dibutuhkan untuk menerbangkan layangan tersebut. Salah satu peserta yang menurut saya memiliki ukuran layangan terbesar, bahkan harus membawa layangan jauh diluar lapangan agar lebih mudah menerbangkan layangannya. Namun saying ketika layangan siap ditarik ternyata tidak angina tidak cukup kuat untuk membantu mengangkat layangan tersebut. Naas, layangan jatuh tepat diair dan tidak bisa lepas landas sebelum dinilai. Kasihan.

bali kite festival travel bali 6

bali kite festival travel bali 5

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Yuk travel ke Lake Ashi di Hakone – Jepang

Pura Besakih pusatnya seluruh Pura di Bali

Hari minggu saatnya pamer Anjing kesayangan di Yoyogi Park – Jepang

Cara minum kopi yang benar untuk kesehatan

Pengalaman seru menuju Doi Inthanon National Park saat travel di Chiang Mai – Thailand Part 2

Leave a comment

Filed under Bali, Indonesia, popular, Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s