Cara minum kopi yang benar untuk kesehatan

kopi bali sanur beach bali indonesia 1

Kopi.. hmm I love coffee so much.. Tidak terlalu pilah pilih dengan merk, yang penting ada. Dikantor seorang teman pernah mengatakan caraku minum kopi termasuk aneh dan menjadi bahan tertawaannya, menurutnya aku minum kopi seperti orang minum vodka..glek..glek..glek..habis…hahaha… Jujur saja, sejak itu aku suka geli sendiri jika sedang minum kopi dan membayangkan vodka yang aku juga tidak tahu seperti apa rasanya.

Pertanyaan yang muncul berkaitan dengan banyaknya larangan yang kudengar belakangan ini adalah, benar tidaknya bahwa minum kopi terlalu banyak akan berakibat buruk bagi kesehatan. So, berdasarkan riset kecil – kecilan yang kulakukan, berikut beberapa fakta mengenai kopi:

1. Kopi dan gula tidak sejoli

Minum kopi menjadi tidak sehat jika ditambahkan gula dan creamer yang terlalu banyak. Disarankan untuk meminum kopi hitam daripada kopi sejenis cappuccino, latte, frappucino dan sejenisnya karena kopi jenis ini mengandung terlalu banyak gula.

2. Wajib menggunakan air yang mendidih untuk kopi

Gunakan air yang benar – benar mendidih dan tunggu sekitar 1 menit sebelum menuangkannya kedalam gelas. Saya paling takut minum kopi kalau tidak yakin airnya belum mendidik karena sudah pasti perut langsung mulas bahkan sebelu kopinya habis.

3. Air bersih memaksimalkan cita rasa kopi

Pastikan air yang digunakan adalah air yang  bersih, selain lebih sehat air yang bersih akan membuat aroma kopi menjadi lebih kuat sampai ketitik maksimal. Kopi pasti terasa lebih nikmat jika diminum sambil menghirup harumnya kopi dari gelasmu bukan?

4. Batas maksimal konsumsi kopi perhari

Menurut para pakar, minum kopi sebanyak 1 sampai 3 gelas cangkir kopi masih termasuk aman bagi orang yang sehat. Saya sendiri hanya membatasi 1 gelas setiap hari dan tidak akan meminum kopi jika perut sedang kosong.

5. Bagaimana tubuh merespon kopi

Tubuh setiap individu akan memberi respon yang berbeda terhadap ini. Jadi kita harus bisa berkomunikasi dengan tubuh sendiri, misalnya ada orang yang tidak bisa tidur setelah minum kopi, namun sebagian lainnya justru tidur lebih pulas setelah minum kopi. Ada yang jantungnya berdebar sangat kencang atau kepala menjadi sakit setelah minum kopi.

6. Kopi mengandung caffeine

Itu benar dan sebagian orang juga dilarang keras untuk minum kopi seperti ibu hamil, anak – anak, pasien sakit jantung maupun hipertensi. Please, hindari kopi ya.

Sekarang saya sudah belajar dari tulisan ini dan teringat kalau dulu keponakanku yang masih berumur 1 tahun bisa menghabiskan kopi dalam gelas besar…huaaahhh ternyata itu berbahaya *sigh*.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Bebas Visa Travel ke Jepang untuk Wisatawan dari Indonesia? Benarkah?

Wisata Murah Meriah di Singapore – Dijamin Puas Buat Budget Traveler part 4

Wisata Murah Meriah di Singapore – Dijamin puas buat Budget Traveler Part 2

Apakah Travel itu penting buatMu?

Paket travel ke Jepang – menyaksikan Gunung Fuji dari Hakone dan Lake Ashi

Leave a comment

Filed under umum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s