Berburu Sakura saat travel di Jepang

travel japan cherry blossom 1

Travel ke Jepang tentu tidak akan lengkap jika tidak melihat langsung kecantikan bunga sakura, bagaimanapun Jepang adalah Negara yang identic dengan cherry blossom-nya bukan? Berikut saya akan berbagi cerita mengenai persiapan  saya dalam berburu sakura saat travel di Jepang.

Awal mula timbul niat untuk travel ke Jepang

Awalnya saya putuskan untuk  berkunjung ke Jepang karena negara ini sangat identik dengan bunga sakura, tepatnya saya dan 2 orang teman lainnya travel di minggu ke-2 bulan April, karena berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa ini akan menjadi saat yang tepat untuk menyaksikan Cherry Blossom di wilayah Tokyo dan minggu ke-3 di bulan April waktu puncak Cherry Blossom di wilayah Kansai.

Perubahan cuaca di Jepang, so unpredictable

Minggu ke -2 di bulan Maret saya mendapatkan “bad news”, saya pinjam istilah yang dipakai teman Jepang saya aja ya. Dari Mai Myojo, sahabat saya ini, berdasarkan informasi prakiraan cuaca terbaru bunga sakura akan mekar lebih cepat dari yang telah diumumkan, hal ini terjadi karena cuaca yang berubah sangat cepat beberapa minggu belakangan ini. Sehingga diprediksi bahwa puncak mekarnya sakura di wilayah Tokyo adalah di minggu ke-3 bulan Maret  dan minggu ke -2 di bulan April untuk wilayah Kansai (Kyoto, Nara dan Osaka).

So, apa mau dikata, tiket telah dibeli jauh hari sebelumnya dan kamar juga telah dipesan komplit. Maka diputuskan bahwa kami akan tetap mengikuti jadwal yang telah direncanakan dan menikmati keindahan Jepang seperti apa adanya saat itu.

Mulai berburu sakura

Sesuai dengan itinerary yang telah saya buat akhirnya sampailah kami di negeri matahari terbit ini dengan penuh semangat dan rasa penasaran. Tepat seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, maka kali ini kami datang dengan pemandangan yang hampir dipastikan 90% hijau, tanpa warna warni bunga sakura hampir diseantero wilayah Tokyo.

Tidak putus asa kami mencoba mencari peruntungan di wilayah Ueno Park dan melihat beberapa pohon yang terlambat mekar bunganya. Dan dengan segala daya upaya mengambil gambar yang menunjukkan bunga sakura yang terlihat ramai bermekaran hahaha….

travel japan cherry blossom 2

Jangan lupa anda tidak sendiri. Karena ternyata wisatawan dari negara lainpun berburu objek photo yang sama dengan anda. Jangan pelit untuk berbagi spot photo yang tebaik ya. Bukankah berbagi itu selalu indah teman traveler..?

Taman sakura di Kyoto

Panen bunga sakura terbaik kali ini kami dapat ketika travel di Kyoto tepatnya di Nijo Castle. Castle yang sangat indah dan megah terletak di wilayah Kyoto. Keindahan bunga sakura di castle ini benar – benar memukau. Tidak berlebihan kalau saya memakai istilah setetes embun dipadang gurun sanggup menghapus seluruh dahaga, boleh ya..hehe..

travel japan cherry blossom 3

travel japan cherry blossom 4

travel japan cherry blossom 5

Selain kedua tempat ini saya juga menemukan beberapa pohon sakura yang sedang bermekaran disepanjang jalan di beberapa kota. Umumnya beberapa jenis pohon sakura memang terlambat masa mekarnya. Jadi teman traveler jangan khawatir jika kelak datang dan tidak menemukan sakura disatu tempat, maka jangan ragu untuk mencari informasi mengenai bunga sakura lainnya yang akan bermekaran sedikit lebih lama dari yang umumnya.

Semoga corat coret saya ini berguna buat teman-teman yang akan travel ke Jepang.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Yogyakarta kota para pelajar dan para traveler di Indonesia

Yoyogi park – Tokyo taman favorit penduduk Jepang dan traveler

Wat Yang wajib dikunjungi saat travel di Bangkok Part 1

Kejadian unik dan lucu saat travel di Thailand

Leave a comment

Filed under Japan, Travel

Leave a Reply

