Menikmati sejuknya Hoin An saat travel di Vietnam

Hoi An adalah salah satu kota kecil yang secara geografis berada dipertengahan antara Ho Chi Minh City dengan Hanoi City di Vietnam. Terkenal sebagai Ancient City memberi peran besar dalam meningkatkan jumlah visitor di Vietnam dan oleh UNESCO juga telah ditetapkan sebagai salah satu world heritage.

hoi an vietnam travel 1

Transportasi menuju Hoi An – Vietnam

Untuk berkeliling Vietnam saya memilih untuk membeli tiket bus langsung dari Ho chi Minh sampai Hanoi City. Tiket ini berlaku selama 30 hari untuk 1 kali perjalanan. Jadi ketika membeli tiket di Ho Chi Minh saya telah booking untuk tanggal berangkat di kota – kota berikutnya sampai diperhentian terakhir yaitu di Hanoi City. Selain bus alternative transportasi lainnya yang dapat dijadikan pilihan adalah kereta api.

Akomodasi di Hoi An – Vietnam

Travel di Hoi An – Vietnam saya rasa teman traveler tidak akan menemukan kesulitan untuk menemukan akomodasi yang nyaman. Ketika travel di Hoi An saya mengalami kejadian lucu. Dalam perjalanan dari Nha Thrang saya duduk sebarisan dengan beberapa traveler dari Korea dan Jepang yang ternyata sama – sama turun di Hoi An dan tidak satupun dari kami yang telah booking kamar sebelumnya. Jadi ketika tiba di Hoi An kami langsung berpencar mencari kamar yang sesuai budget. Beruntung saya yang pertama dapat karena saya langsung booking tukang ojek untuk mengantar kesalah satu Guest House yang direkomendasikan dibuku panduan saya. Tinggal 1 bed dan saya gabung dengan 10 traveler lainnya.

Tips untuk teman traveler yang akan bepergian, sebaiknya booking kamar jauh – jauh hari sebelumnya karena seringkali kita akan mendapat discount dan lebih aman karena sudah ada jaminan bahwa kita akan tidur ditempat yang layak.

Cuaca Kota Hoi An – Vietnam

Hoi An di bulan Januari selain dingin karena memang sedang musim dingin namun juga terasa semakin buruk karena hujan dan gerimis terus datang silih berganti. Jadi saya dan sebagian besar traveler terpaksa mengeksplore Hoi  An dengan berbekal raincoat mini seharga US $1. Ketika sore ataupun malam saya melihat banyak sekali raincoat yang ditinggalkan oleh pemiliknya.

Namun cuaca dingin dan basah itu tidak mengurangi minat para traveler untuk berkeliling, bahkan positifnya saya jadi bisa melihat sisi lain Hoi An karena bahkan ketika hari menjelang siang kita masih dapat melihat kabut yang cukup tebal.

Menikmati Hoi An sebagai Ancient City di Vietnam

Sesuai dengan judulnya yaitu ancient city ataupun kota tua, maka obyek wisata utama yang dapat teman traveler saksiskan adalah seni arsitektur bangunan tua bernuansa oriental. Gedung – gedung yang berada dilokasi kota tua didominasi oleh gedung tua yang telihat usang, namun saya pribadi melihat ini sebagai hal yang sangat menarik karena hampir setiap rumah dikota tua terbuka untuk umum dan terawat dengan sangat baik. Jadi makin tua makin menarik.

Ketika teman traveler sedang berada di Hoi An jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke My Son Temple. Teman traveler dapat mempelajari sebagian sejarah Vietnam disini. Kelak saya akan berbagi informasi mengenai My Son Temple.

Tahun Baru China di Hoi An merupakan acara yang sangat special karena itu beberapa hari sebelumnya setiap sudut kota telah dihiasi dengan beragam aksesoris yang bernuansa oriental yang sangat khas. Bahkan malam hari yang dingin juga terlihat semakin indah karena lampion – lampion indah yang didominasi warna merah menyala semakin menghidupkan suasana kota.

hoi an vietnam travel 9

hoi an vietnam travel 8

hoi an vietnam travel 5

hoi an vietnam travel 11

hoi an vietnam travel 10

hoi an vietnam travel 12

 Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Menyaksikan keindahan Halong Bay saat travel ke Vietnam

Travel singkat di Melaka – Malaysia

Jika punya 1 hari travel di Osaka – Jepang

Canggu surganya surfer di Bali

Pantai terfavorit di Bali

Leave a comment

Filed under Travel, umum, vietnam

Leave a Reply

