Menyaksikan keindahan Halong Bay saat travel ke Vietnam

Awalnya saya benar – benar buta mengenai travel destination di Vietnam, sampai akhirnya saya banyak mendengar saran untuk mengunjungi Halong Bay. Disini saya merasa bahwa dunia wisata Vietnam sungguh sedang booming.

Saat itu saya travel dibulan Januari dan karena tidak paham cuaca akhirnya saya tiba dengan kostum yang tidak sesuai untuk musim dingin di Vietnam, khususnya Hanoi City dan Halong Bay karena ternyata cuaca sangat berbeda antara Ho Chi Minh City dan Hanoi City. Saya bahkan membawa perlengkapan renang yang ingin saya pakai di Halong Bay hahahaha…benar – benar salah kostum.

halong bay vietnam travel 1

Bagaimana ke Halong Bay?

Untuk ke Halong Bay saya memilih bergabung dengan travel agent lokal karena pertimbangan harga yang lebih murah, transportasi dan makan siang terjamin, plus dapat jaminan rasa nyaman karena saya travel seorang diri dan buta informasi.

Biaya yang saya keluarkan hanya sekitar US$ 25, ini saya pesan ditravel agent dari Hanoi – Vietnam. Teman traveler akan menemukan banyak travel agent disepanjang kota, harga sangat beragam dan paket yang disediakan juga beragam jadi pilih yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Paket harga US$ 25 hanya untuk masa travel 1 hari, tanpa kayak, dapat lunch ala Vietnam dan transport dari hotel sampai kembali kehotel lagi. Jadi harga tersebut sangat layak untuk fasilitas dan keajaiban alam yang akan teman traveler saksikan.

Apa yang dilakukan di Halong Bay – Vietnam

Berwisata di Halong Bay yang terutama adalah melihat uniknya bukit  batu yang berada disekeliling Halong Bay. Pemandangannya sungguh luar biasa indah, udara dingin membeku dan kabut tebal membuat gambaran alam yang sangat misterius, namun saya sangat menyukainya.

halong bay vietnam travel 2

halong bay vietnam travel 6

halong bay vietnam travel 5

Disatu spot yang menjadi titik temu perahu yang membawa traveler telah disiapkan kayak kecil yang siap dipakai khusus buat traveler yang mengambil paket kayak juga. Namun saya rasa agak aneh juga jika harus bermain kayak diair yang dingin membeku ya, saya tidak recommend teman traveler untuk melakukan kegiatan ini.

halong bay vietnam travel 11

halong bay vietnam travel 10

Berenang di Halong Bay – Vietnam

Perihal mengenai berenang di Halong Bay banyak saya dengar ketika sedang menyusun travel plan ditambah dengan melihat photo – photo indah dan riang beberapa teman traveler yang datang lebih dulu membuat keinginan saya untuk berenang semakin menggebu. Apa daya kenyataan tidak sesuai harapan, air yang dingin ditambah jorok karena sesungguhnya alam Halong Bay benar – benar sudah rusak dan tercemar. Bayangkan air yang tampak biru kelam dari kejauhan ternyata berwarna coklat dan terlihat genangan minyak dari ratusan kapal yang mengarungi Halong Bay sungguh menjadi pemandangan miris dan menyedihkan.

halong bay vietnam travel 4

halong bay vietnam travel 7

halong bay vietnam travel 8

halong bay vietnam travel 9

Jadi walaupun cuaca sedang panas – panasnya saya juga tidak akan berenang di Halong Bay. Cukuplah hanya menikmati keindahan alam dipermukaan saja dan menghirup udara segar.

Makanan Vietnam yang luar biasa enak

Kuliner merupakan obat luar biasa, kuliner Vietnam benar – benar mampu menghilangkan rasa lelah dan membantuku melupakan betapa dinginnya udara hari itu. Buat teman traveler yang suka makan sayur pasti akan sangat bahagia berada di Vietnam.

Secara keseluruhan saya sangat menikmati perjalanan yang saya lakukan di Vietnam, khususnya Halong Bay. Kelak saya pasti akan mengulangi rute yang sama. Dari Ho Chi Minh sampai Hanoi dan Halong Bay akan memberikan pengalaman yang berbeda buat teman traveler.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Travel singkat di Melaka – Malaysia

Travel ke Jepang dan menyaksikan kecanggihan Odaiba – Tokyo

Jika punya 1 hari travel di Osaka – Jepang

Persiapan travel buat liburan jangka pendek

Rafting di Ubud – Bali bagi traveler sejati

4 Comments

Filed under Travel, umum, vietnam

4 responses to “Menyaksikan keindahan Halong Bay saat travel ke Vietnam

  1. jennifer

    Mba Erbina..boleh tahu nama travel cruisenya..you’ve got nice cruise package!!:-)

    • Hi Jenn,

      Sorry banget saya gak catet nama travel cruise-nya…coz saat itu saya random aja masukin bbrp travel agent disekitaran guest house.. So..saya booking H-1 aja dan nego2 di bbrp travel agent & dpt “angka termurah” .. Murah gak selalu bagus ya jadi kamu tetap harus tanya secara detail fasilitas yg ditawarkan.. contoh paket 1 day tour kah? include lunch kah? incl transport return kah? incl tiket masuk Halong Bay & visit ke Cave kah? incl kayak package kah? tanya aja sebanyak2nya dan cari referensi dari hotel tempat kamu stay jadi semua dpt dipertanggung jawabkan…

      Pengalaman kemarin… kbetulan saya “solo traveler” aja, trus digabung dgn teman2 traveler lainnya dan setelah tanya sana sini ternyata saya yg dpt harga termurah dgn fasilitas yg sama dgn mereka… Jadi saya beruntung bisa ketemu travel agent yg rela kasih harga banting hehehehe…

      Met jalan2 ya…

      Salam,

      Erbina

  2. Kak erbina tambahin phtonya dung

Leave a Reply

