Travel singkat di Melaka – Malaysia

Beberapa kali travel keluar negeri saya selalu memilih antar Singapore dan Kuala Lumpur – Malaysia sebagai kota transit. Biasanya saya hanya akan menghabiskan 1 atau 2 hari untuk travel di kedua kota ini karena akan ada banyak waktu transit lainnya yang akan saya bagi lagi. Salah satu kota keren yang mendapat pengakuan sebagai World Heritage oleh UNESCO dan favorit para traveler di Malaysia adalah Melaka.

melaka malaysia travel 10

Rute menuju Melaka dari Kuala Lumpur

Menuju Melaka dari Kuala Lumpur menghabiskan waktu 2 jam diperjalanan dengan biaya 18 RM untuk return ticket dengan menggunakan bus dari Terminal Puduraya. Tidak terlalu sulit menemukan bus ini namun harus hati – hati tentunya agar tidak sampai salah memilih bus yang tepat. Gunakan 2 jam perjalanan untuk beristirahat karena teman traveler akan membutuhkan banyak energy untuk berkeliling kota Melaka sepanjang hari.

Transportasi di dalam Kota Melaka – Malaysia

Tiba di terminal di Melaka saya masih harus menaiki bus lokal yang akan membawa saya kepusat kota. Namun untuk berkeliling kota Melaka terdapat 2 jenis transportasi yang dapat teman traveler gunakan yaitu Panorama Bus (blue line) dan Double Decker Bus (red line).

Untuk Panorama Bus teman traveler cukup membayar 2 RM untuk seluruh rute yang tersedia sepanjang hari, sedangkan untuk Double Decker Bus teman traveler harus membayar 5 RM sepanjang hari bedanya dengan membeli tiket untuk Double Decker Bus kita juga bebas naik Panorama Bus.

Travel destination pilihan di Melaka

Melaka adalah salah satu kota kecil di Malaysia yang dapat dikelilingi hanya dalam waktu 1 hari dengan berjalan kaki. Istimewanya kota kecil ini menyimpan nilai sejarah yang sangat luar biasa besar dan bernilai hampir disetiap sudutnya. Saya merasa bahwa disetiap detail pintu, setiap jendela, setiap dinding dan setiap hal yang disajikan dikota Melaka ini memiliki sejarah yang luar biasa.

melaka malaysia travel 8

melaka malaysia travel 4

melaka malaysia travel 12

melaka malaysia travel 15

Didalam kota Melaka – Malaysia kita dapat menemukan banyak museum, salah satu yang menarik adalah daerah Stadthuys yang ditandai dengan gedung gereja berwarna merah dan pangkalan becak yang disebut trishaw / rickshaw yang benar – benar meriah karena didekorasi menggunakan bunga plastic dengan beragam warna yang memenuhi hampir keseluruhan body becak plus suara music menggelegar dan lucunya banyak lagu pop melayu asal band Indonesia diputar oleh mereka. Lalu kantor post yang bersebelahan dengan benteng mungil dilengkapi dengan meriam tua, kota tua dengan gedung – gedung tua yang dikelilingi oleh jalanan kecil dan bersih dan bernuansa oriental yang sangat kental.

melaka malaysia travel 9

melaka malaysia travel 11

melaka malaysia travel 1

melaka malaysia travel 2

melaka malaysia travel 5

melaka malaysia travel 13

Chinatown gudangnya makanan enak di Melaka, jangan lupa untuk mencoba Afamosa Chicken rice sebagai salah satu kuliner favorit di Melaka – Malaysia. Juga banyak toko yang menjual souvenir khas Melaka dengan harga terjangkau dan pilihan yang sangat beragam. Hal lainnya yang menarik tentang Melaka adalah Benteng dan pemakaman Portugis yang terawat dengan sangat baik dan dilengkapi pemandangan Kota Melaka terhampar indah dihadapan.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Travel ke Jepang dan menyaksikan kecanggihan Odaiba – Tokyo

Jika punya 1 hari travel di Osaka – Jepang

Travel ke Jepang dan menyaksikan Osaka Castle di Osaka City

Pantai terfavorit di Bali

Travel ke Pura Luhur Uluwatu di Bali

3 Comments

Filed under Malaysia, Travel, umum

3 responses to “Travel singkat di Melaka – Malaysia

  1. jadi teringat perjalanankui sendirian dsini awal september lalu,.nice trip teman🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s