Travel ke Jepang dan menyaksikan kecanggihan Odaiba – Tokyo

Saat sedang menyusun travel plan ke Jepang beberapa waktu yang lalu saya banyak mendapat masukan dari teman – teman traveler yang telah lebih dulu travel ke Jepang, menurut mereka tidak akan lengkap jika tidak melihat langsung kecanggihan Odaiba. Penduduk Jepang sangat membanggakan Odaiba karena bagi mereka Odaiba adalah salah satu kota yang merepresentasikan kemajuan teknologi Jepang.

Odaiba dari masa ke masa

Odaiba adalah salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan yang sangat popular yang berada diwilayah Tokyo Bay. Awalnya Odaiba ini dibangun pada masa Edo sekitar tahun 1603 – 1868 dan bertujuan sebagai benteng untuk melindungi Tokyo terhadap serangan yang berasal dari arah lautan.

Lalu secara perlahan tapi pasti beragam perubahan mulai terjadi, mulai dari kota yang dibangun sebagai benteng Odaiba mulai berubah menjadi pemukinan yang bersifat futuristic. Selama prosesnya Odaiba juga mengalami pasang surut, terutama saat terjadi buble economy pada awal tahun 1990-an Odaiba bahkan sempat ditinggalkan sehingga hampir benar – benar kosong.

Namun pada pertengahan tahun 1990-an beberapa hotel mulai dibuka, termasuk pusat perbelanjaan dan kereta api Yurikamome. Semua fasilitas yang dibangun  ini ternyata cukup mampu untuk mendongkrak popularitas Odaiba sehingga menjadi salah satu atraksi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Odaiba symbol teknologi Jepang

Beberapa bangunan yang mewah dan tampak luar biasa yang saya lihat di Odaiba antara lain gedung Fuji TV, Telecom Center dan juga Tokyo Big Sight. Salah satu tontotan paling menarik dan tidak boleh dilewatkan oleh teman traveler adalah robot raksasa Gundam. Robot Gundam disebut sebagai symbol kemajuan teknologi Jepang.

Hal lainnya yang menarik mengenai Odaiba adalah Kereta Api Yurikamome. Ini adalah kereta api listrik yang akan beroperasi tanpa seorang masinis. Saya bahkan berdiri tepat dibagian depan sehingga dapat menyaksikan beton dan baja raksasa yang menjadi rel untuk kereta Yurikamome ini. Sungguh pekerjaan rumit yang luar biasa. Saya benar – benar kagum dengan Negara ini. Hebat.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

 Jika punya 1 hari travel di Osaka – Jepang

Bermain dengan ikan di Osaka Akuarium – Osaka, Jepang

Travel ke Jepang dan menyaksikan Osaka Castle di Osaka City

Rafting di Ubud – Bali bagi traveler sejati

Desa Terunyan keunikan lainnya di Bali

Leave a comment

Filed under Japan, popular, Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s