Nusa Lembongan Island – surganya traveler di Pulau Bali

nusa lembongan bali indonesia travel 1

Nusa Lembongan adalah salah satu pulau kecil di Bali yang terkenal sebagai surganya para diver dan pencinta snorkeling. Pulau kecil ini tepat bersebelahan dengan Pulau Nusa Penida dan Nusa Ceningan.

Transportasi menuju Nusa Lembongan

Sampai saat ini jalur transportasi yang umum digunakan menuju Nusa Lembongan adalah melalui laut. Ada beberapa jenis kapal seperti kapal untuk penduduk lokal yang berangkat 1 kali jam 8 pagi dari Pantai Matahari terbit – Sanur, cukup dengan biaya Rp 30.000,- dan kapal yang sama akan kembali ke Sanur besok harinya berangkat jam 8 pagi dari Jungutbatu – Nusa Lembongan.

nusa lembongan bali indonesia travel 2

Selain perahu lokal ada banyak alternative speed boat yang akan berangkat tiap 1 jam menuju Nusa Lembongan, namun harga yang dipatok sangat beragam mulai dari Rp 50.000,- lalu Rp 75.000,- dan Rp 125.000,- bahkan Rp 175.000,- dan seterusnya. Terakhir saya dari Nusa Lembongan menuju Sanur menggunakan speed boat dengan budget Rp 50.000,- berangkat pukul 3 siang dari pelabuhan Jungutbatu.

Transportasi selama di Nusa Lembongan

Nusa Lembongan adalah pulau yang kecil, namun jangan membayangkan untuk berkeliling pulau dengan berjalan kaki. Dan untuk berkeliling pulau teman traveler dapat menyewa sepeda ataupun sepeda motor seharga Rp 50.000,- perhari  tanpa bensin dan tidak ada bus dipulau ini.

Saya bahkan pernah membawa motor saya dari Sanur karena berniat tinggal beberapa hari di Nusa Lembongan, hasilnya tentu saja menyenangkan sekaligus merepotkan hahaha….

nusa lembongan bali indonesia travel 3

Beragam cara menikmati keindahan Nusa Lembongan

Nusa Lembongan terkenal karena wisata baharinya, namun tidak hanya nuansa alam bawah laut yang layak dihargai dari pulau ini tetapi keindahan pulau dapat disaksikan dari puncak Pulau Ceningan.

nusa lembongan bali indonesia travel 4

nusa lembongan bali indonesia travel 5

Selain itu Nusa Lembongan juga terkenal sebagai penghasil rumput laut. Ketika berkeliling pulau, teman traveler akan melihat hampir disetiap halaman rumah penduduk terpapar rumput laut yang sedang dikeringkan. Aroma rumput laut yang sangat khas akan tercium dari jauh.

Goa Gala Gala di Nusa Lembongan

Di salah satu desa dari Pantai Mushroom teman traveler juga dapat menyaksikan Goa Gala Gala yang dibuat oleh seorang penduduk. Goa dengan lorong – lorong kecil dan gelap tersebut dibuat sebagai tempat pendirinya untuk bersembahyang.

nusa lembongan bali indonesia travel 6

nusa lembongan bali indonesia travel 7

Saya melihat bahwa Goa ini merupakan salah satu obyek wisata yang sepertinya masuk dalam daftar kunjung beberapa travel agent juga. Mereka dibawa berjalan kaki dari pantai yang berjarak sekitar 500 m dari goa gala – gala. Yup, cukup untuk menguruskan badan itu..hehehe

Akomodasi  murah meriah di Nusa Lembongan

Pertama kali ke Nusa Lembongan saya menginap disalah satu villa dekat dengan Tanjung Sanghyang atau Pantai Mushroom. Villa ini terawat dengan sangat baik dan menariknya biaya untuk menginap juga tidak terlalu mahal mengingat Pantai Mushroom terkenal sebagai tempat tinggal traveler dengan budget lebih. Kali kedua main ke Nusa Lembongan saya menginap di Desa Jungutbatu karena terkenal sebagai tempat tinggal para budget traveler hahahaha…..

nusa lembongan bali indonesia travel 9

Saya sebut Desa Jungutbatu sebagai kampungnya para budget backpacker karena dengan biaya menginap 1 malam di wilayah pantai Mushroom saya bisa menginap setidaknya 3 sampai 4 hari di Desa Jungutbatu plus dapat fasilitas swimming pool pula…murah bukan…?!!!

nusa lembongan bali indonesia travel 8Selain itu di Nusa Lembongan terdapat satu wilayah lagi khusus tempat tinggal high class traveler, namanya kalau tidak salah Tanjung Karang…ntar deh saya check lagi, terakhir saya main kesini hanya untuk menyaksikan suasana malam yang indah karena lampu – lampu yang terlihat sangat cantik dari Jungutbatu dan memang ini adalah satu spot terindah di Nusa Lembongan

Besok saya akan melanjutkan informasi lengkap mengenai obyek wisata di Nusa Lembongan. Silahkan menunggu.

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Menyaksikan Bali Kite Festival di Sanur – Bali

Menyaksikan waterblow di Nusadua Bali

Alasan pentingnya traveling

Paket travel ke Jepang – menyaksikan Gunung Fuji dari Hakone dan Lake Ashi

Akihabara salah satu pusat perdagangan elektronik terbesar di jepang

22 Comments

Filed under Bali, Indonesia, Travel, umum

22 responses to “Nusa Lembongan Island – surganya traveler di Pulau Bali

  1. andrews gautama.

    hallo Sist Erbina Barus, saya andrews gautama dari Bikepacker Indonesia Surabaya, saya mau tanya kalau Camping Area di Nusa Lembongan ada didaeraha mana…? saya rencana ke Nusa Lembongan dgn Sepeda dayung dan biasa bermalam dgn Tenda maupun Hammock. Terimakasih

    • Hi Andrew,

      To be honest saya blum ada experience camping selama di Bali khususnya di daerah Lembongan. Tapi klo emang hrs camping tempat yg enak sepertinya di daerah puncak Ceningan Island. Boleh atau tidaknya saya juga gak tau. Maaf ya…

      Salam,
      Erbina

  2. mba aku mau tanya nih, minggu depan aku ada kunjungan ke bali dan pengen ke lembongan dengan budget backpacker hehe kalau untuk biaya snorklenya brp ya mba?incl kapal + alat mba hehe dan utk info penginapan di jungutbatu itu letaknya persis dipinggir pantai atau bagaimana mba?
    terimakasih dan salam kenal mba🙂

    • Hi Venny,

      Sorry for this late reply ya… Biasanya klo mo snorkling di Lembongan harus rental boat. Budget per boat dgn kapasitas 9 orang sekitar IDR 350.000 tapi saya juga pernah rental yg kapasitas max 11 orang dgn budget IDR 450.000 per boat. Itu dah include snorkel & fin.

      Klo guest house disekitar Jungut Batu juga byk kok. Harganya mulai dari yg IDR 100.000-an. Saya bahkan pernah dpt yg IDR 85.000 per nite without b`fast ya🙂

      Langsung dtg & cari guest house juga cukup aman tp hati2 Agustus termasuk peak season di Bali dan Lembongan khususnya. So, better booking in advance deh.

      Met liburan ya..:)

      Salam,
      Erbina

      • Hai ka Erbina, terimakasih banget infonya maaf aku baru liat lagi ada notif balasan dari kamu. AKhirnya awal bulan september kemarin aku sampai di Nusa Lembongan, dan nagih banget. Dan info dari kamu bener banget kl agustus-september masih high season, untungnya waktu itu booking via pegipegi.com dan alhasil dapet harga backpacker dengan penginapan koper hihi terimakasih sekali lagi ya ka Erbina🙂

        • hi Venny,

          Sorry ya kmaren agak lama reply tulisan kamu kmaren🙂
          Btw, senang banget klo kamu enjoy dgn trip di Lembongan, next-nya klo ada niat main ke Bali lagi jangan sungkan untuk bertanya ke saya.. (hehehe selagi saya tau pasti akan langsung di share infonya)

          Salam,
          Erbina

  3. aksa

    halo mbak, udah pernah ke nusa ceningan belum?
    kalau udah, bisa tolong di ulas?

    makasih

    • Hi Aksa,
      Yup saya sudah travel around Ceningan island..
      Kamu bisa lihat photo ikon-nya Ceningan di bab “beragam cara menikmati keindahan Nusa Lembongan” diatas.

      Jadi Jembatan besar itu (warna kuning) adalah satu2 penghubung antara Nusa Lembongan island dengan Ceningan island.
      Nah photo lainnya itu diambil dari Puncak Ceningan yg menggambarkan perbatasan antara Nusa Lembongan dgn Ceningan..
      Cukup 30 menit – 1jam utk sight seeing dipulau yg kecil ini, kamu bisa lihat mangrove dan kegiatan penduduk di sea weed plantation-nya..

      cukup menarik kok.. jangan lupa utk rental motor agar bisa keliling dengan nyaman, rata2 budget rental cuma Rp 50.000,- per hari (pagi – sore).
      Jangan takut tersesat & gak ada kata macet..hehehe…

      Have fun

      Erbina

  4. desy kartika

    Dlu dsna brp hari km maz??!
    Abiz biaya brp total kseluruhan…

    Maaf yaa klo pertanyaan nya terlalu mendetail

    ◦°˚˚˚七み么れ长 丫口び ˚˚˚°◦

    • Dear Desy,

      Ralat say, saya cewek so prefer dipanggil mba drpd maz hehehe…

      Saya bbrp kali ke Nusa Lembongan dan stay setidaknya 1 atau 2 mlm.. budget beda2. sekali sy stay di daerah Mushroom beach & budgetin 350rb utk room per mlm sedangkan klo stay di daerah Jungut Batu saya budgetin up to 150rb per room per mlm incl b`fast ya.

      Belakangan saya gak pernah nginap coz lbih milih berangkat pagi dr Sanur by Jukung & snorkling di Lembongan trus jam 3 sore plg pake fast boat..

      Kesimpulannya, mo dibudgetin berapa ya tergantung traveling style-nya kamu.

      Salam,
      Erbina

  5. desy kartika

    Untuk mendapatkn villa/homestay dsna pny CPny?ato recomendasi gto…..
    Sklian utk boatnya…
    ◦°˚˚˚七み么れ长 丫口び ˚˚˚°◦

    • Hi Desy,
      Utk akomodasi di Jungutbatu saya pernah stay di Agung`s Bungalows & Restaurant. Tempatnya gak jauh dari pemberhentian fast boat di Jungut Batu. Saya gak punya no CP coz bgitu nyampe di Jungut Batu orang2 jg tau bgt Agung ini… ^_^

  6. desy kartika

    Isa mnta contact person gak?
    Mw tny lbih detail lge nech….
    Sebelumnya terima kasih

  7. Info yang bermanfaat, jadi kepingin coba ke jungut batu.

  8. Bisa minta alamat villannya kak?
    Kebetulan mau kesana nih

    • aduh aku gak keep name card – nya … yg pasti utk villa2 dgn budget miring kamu bisa cari di daerah Jungut batu dan villa dgn budget gede silahkan cari di daerah Tanjung Karang atau Mushroom Beach…

      Sorry ya infonya limited bgt..

      Good luck

  9. Klo villa yang model lumbung itu lokasinya ada di Mushroom beach, 2 tahun lalu saya dpt harga Rp 350rb/nite, tapi dilain waktu saya coba stay di daerah Jungut Batu dan dpt harga 85rb/nite..hehehe…

    jungut batu umumnya untuk traveler backpacker tp cukup nyaman kok..

  10. Seru nihh, btw villa nya berapaan ya semalem?

Leave a Reply

