GWK – Garuda Wisnu Kencana representasi seni Bali standar dunia internasional

GWK yang merupakan singkatan dari Garuda Wisnu Kencana berada diatas dataran tinggi batu kapur di Bukit Ungasan – Jimbaran, Bali. Patung  Garuda Wisnu Kencana dirancang dan dibangun oleh seorang seniman Indonesia yang bernama I Nyoman Nuarta. Menurut saya GWK sangat layak untuk dimasukkan dalam list travel destination teman traveler yang sedang berada di Pulau Dewata – Bali. Sebagian photo – photo penari di GWK telah saya posting disini dan berikut saya akan mengulas informasi lainnya mengenai GWK.

Konsep awal berdirinya GWK

Konsep awal berdirinya GWK – Garuda Wisnu Kencana adalah sebagai satu alternative wisata yang baru buat para traveler yang berwisata ke Bali. Jadi para traveler ini tidak hanya melihat alam yang indah, tidak hanya shopping ataupun clubbing di Bali, namun dengan adanya GWK mereka mendapatkan satu pilihan baru, satu perpaduan wisata yang lengkap di GWK, disini mereka dapat menikmati wisata budaya, wisata rohani, wisata alam dan juga wisata belanja.

gwk bali travel destination 2

GWK sebagai symbol kemegahan Bali

Dibeberapa Negara, mereka membuat ikon yang luar biasa terkenal karena keunikan dan ukurannya sehingga mengundang antusiasme para traveler dari seluruh dunia untuk datang, sebut saja Patung Merlion di Singapore, Robot Gundam symbol teknologi Jepang di Odaiba city, Patung Liberty di New York – US dan yang terbaru adalah Skytree tower di Tokyo yang diklaim sebagai salah satu gedung tertinggi didunia.

gwk bali travel destination 1

Miniature the sculpture of GWK

Begitu juga dengan GWK, ada sebuah idealism yang luar biasa dari pendirinya untuk menampilkan sesuatu yang baru dan berbeda mengenai Pulau Bali sebagai salah satu pusat wisata dunia. Diharapkan kelak GWK akan menjadi ikon Pulau Bali dan untuk mencapai kesetaraan dan pengakuan dari dunia internasional maka dibuatlah sebuah karya yang fenomenal di Garuda Wisnu Kencana yaitu sebuah patung raksasa, patung Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Burung Garuda. Disebut spektakuler dengan alasan berikut:

1. Misi dibalik pembangunan GWK

Bali yang sangat kental dengan budaya dan ritual agama Hindu memilih Dewa Wisnu sebagai ikon di GWK karena memiliki citra sebagai Dewa penyelamat bagi umat Hindu didunia yang memiliki kebijaksanaan dan posisinya yang sedang mengendarai burung garuda diartikan sebagai bentuk kesadarannya dalam menuju Amerta. Tentunya hal ini sesuai dengan konsep GWK – Garuda Wisnu Kencana yang membawa misi penyelamatan lingkungan dan dunia.

2. Lokasi strategis GWK

Lokasi GWK yang berada dibukit memungkinkan traveler untuk dapat memandang keindahan alam dengan jarak pandang yang luas. Melalui GWK kita dapat memandang keindahan Pantai Kuta, Pantai Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot dan Denpasar.

gwk bali travel destination 4

3. Fasilitas lengkap bagi traveler

Berbagai fasilitas yang tersedia di lokasi GWK ataupun Garuda Wisnu Kencana diyakini dapat membantu para traveler untuk dapat lebih memahami budaya Indonesia dan Bali khususnya karena tersedia museum, perpustakaan dan panggung seni yang disebut amphitheater. Semua fasilitas ini dikelola untuk kepentingan komersial dan bahkan disalah satu area telah dibangun panggung ekstra besar untuk mengadakan event berskala internasional yang mampu menampung 7000 orang penonton. Hal ini dapat terwujud karena luas keseluruhan GWK mencapai 200 hektare.

gwk bali travel destination 5

gwk bali travel destination 6

4. Patung GWK yang spektakuler

Patung GWK disebut salah satu patung paling spektakuler karena memiliki ukuran yang benar – benar super. Bayangkan sebuah patung dengan tinggi 75 meter dan diletakkan pada pondasi 70 meter jadi total ketinggian patung GWK adalah 145 meter. Patung Garuda yang dikendarai Dewa Wisnu didesign memiliki sayap yang membentang sebesar 66 meter. Total berat keseluruhan patung diperkirakan mencapai 4000 ton terdiri dari perunggu, tembaga dan dilapisi emas pada bagian – bagian tertentu.

gwk bali travel destination 3

gwk bali travel destination 7

Lalu sudah sejauh apakah proses pembangunan GWK ini?

Bagaimanapun ini adalah sebuah mega proyek yang begitu ambisius dan membutuhkan dukungan penuh dari berbagai pihak, baik itu pemerintah maupun investor lokal dan investor asing. Direncanakan pembangunannya akan memakan waktu sekitar 10 tahun dan dimulai sejak tahun 1995, namun karena begitu banyak kendala terkait masalah keuangan sampai saat ini pembangunan masih tetap berlanjut.

Salam,

Erbina barus

Related post to read:

GWK – Garuda Wisnu Kencana – tujuan wisata di Bali

Wisata Murah Meriah di Singapore – Dijamin puas buat Budget Traveler Part 1

Wisata Murah Meriah di Singapore – Dijamin puas buat Budget Traveler Part 2

Pengalaman Bermalam di Haneda Airport – Travel di Tokyo – Jepang

Leave a comment

Filed under Bali, Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s