Pengalaman seru menuju Doi Inthanon National Park saat travel di Chiang Mai – Thailand Part 3

travel thailand chiang mai doi inthanon

Dalam postingan sebelumnya Pengalaman seru saat travel ke Doi Inthanon Park – Chiang Mai – Thailand dalam part 1 dan part 2 saya telah menuliskan tentang keputusan spontan yang saya lakukan untuk travel ke Doi Inthanon, saya juga telah menuliskan saat – saat putus asa dan kepanikan dalam perjalanan. Dan tentu saja kalau ada awal cerita, maka tentu harus ada akhir cerita juga. Jadi ini cerita final mengenai pengalaman seru saya ketika travel di Doi Inthanon National Park – Chiang Mai – Thailand.

Sangat siap untuk Doi Inthanon National Park

Merasa bahagia karena matic telah sehat kembali, semangatpun mulai terkumpul. Langsung starter motor dan tancap gas menuju puncak. Negeri diatas awan I`m coming…!!!

Dijalan kembali bersisian sama si bule Australia, kali ini dia terpaksa mendorong sepeda karena jalan menanjak tajam. Kusapa dia dan mengatakan kalau puncak masih 21 km, sepertinya dia terlihat menghembuskan nafas kuat mendengarnya. Aku bisa membayangkan letihnya mengayuh sepeda dengan boncengan menggunung dibelakangnya, plus membayangkan puncak nun jauh di depan mata. Setidaknya pemandangan indah, udara segar dan bersih pasti dapat mengurangi perasaan lelah ya. “I wish”.

Setelah 15 menit sampai lagi di sebuah pintu gerbang yang dijaga ketat  beberapa penjaga berpakaian tentara lengkap dengan baret dan senjata laras panjangnya. Menakutkan, tidak ada yang tersenyum. Iseng ku tanya twin stupa dan jawabnya 9 km lagi. Singkat dan jelas. Alias tidak bersahabat, tapi pasti aneh juga kalau lihat army yang cengengesan hehehe…

doi inthanon chiang mai thailand travel destination 13

doi inthanon chiang mai thailand travel destination 12

Sekarang gerbang di buka dan perjalanan dilanjutkan. Dari arah berlawanan lewat beberapa songthew (angkot yang lebih besar dari tuk-tuk) yang penuh dengan penumpang, juga mobil-mobil wisata lainnya berlewatan. Jam sudah hampir pukul 5 sore, udara semakin dingin, langit menjadi mendung  dan jalanan menjadi sepi kembali. Suasana yang menakutkan, namun membayangkan stupa kembar itu membuatku tetap nekat untuk tetap jalan. Travelers lainnya sudah melangkah pulang aku baru dateng. Dinikmati saja deh..!!!

Negeri Dipuncak awan Doi Inthanon National Park

Tepat 30 menit seperti yang dikatakan tour guide tadi, aku berada dipuncak dan terlihat sekumpulan orang yang sedang berfoto. Tidak banyak yang dilihat ditempat ini selain sebuah gedung yang dijaga ketat oleh tentara (sebuah laboratorium neutron), juga sebuah guest house dari kayu yang terlihat sangat menarik dan tentunya pemandangan luar biasa yaitu awan didepan mata. So, negeri diatas awan, disinilah aku berada.

travel doi inthanon national park chiang mai thailand

Disini kita berada lebih tinggi dari awan dan suasananya lebih mirip dengan lagunya Katon Bagaskara “Negeri diatas Awan”. Masih merasa agak aneh melihat gedung laboratorium berada didaerah wisata yang tentunya terbuka untuk umum.

Sayangnya saya tidak bisa berlama-lama disini karena masih harus mengunjungi stupa kembar, kembali si matic di kebut dan dalam 5 menit sampai juga didepan stupa kembar tepatnya Phra Mahathat Napametanidon dan Phra Mahathat Napapolphumisiri. Sebenarnya saya telah melewati taman ini ketika menuju puncak, namun sengaja melewatinya karena harus kepuncak lebih dulu dan baru akan kembali lagi karena searah dengan perjalanan pulang.

travel doi inthanon national park chiang mai thailand

Untuk masuk kita harus membayar karcis 40 THB, padahal di karcis tertulis 30 THB. Namun tidak berani komentar karena penjaganya minim senyum plus tambah angker dengan baret dan senjata dipungung. Tapi aneh juga ya kenapa tempat wisata harus dijaga polisi atau tentara ya?!!. Mungkin memang benar bahwa didaerah terpencil ataupun perbatasan dinegara ini masih sering terjadi pemberontakan atau hal – hal sejenis. Jujur saya tidak memahami masalah politik negeri gajah putih ini.

Doi Inthanon Natonal Park – Chiang Mai – Thailand dengan langit yang kembali biru, udara sejuk, awan putih bersih, bukit dan lembah yang menghampar kehijauan dan taman yang di tata dengan sangat apik, benar-benar pemandangan yang layak diberi pujian. Adapun stupa kembar ini berada di dua titik punggung bukit yang saling berdekatan. Stupa disebelah kanan (Phra Mahathat Napametanidon) berwarna ungu muda dan disebelah kiri (Phra Mahathat Napapolphumisiri) berwarna coklat yang lembut. Didalam stupa masing-masing terdapat patung budha.

travel doi inthanon national park chiang mai thailand

Kembali ke kota tua Chiang Mai – Thailand

Tidak lama berselang matahari sudah semakin redup. Dalam hati berniat untuk datang lagi lengkap dengan bensin cadangan dan harus berangkat dipagi hari. Pulang dari stupa, sampai dikota Chiang Mai lagi pukul 8 malam, kemudian isi bensin dan tidak lupa pesannya dengan penjualnya “the cheaper one, please..”  Setelah di isi penuh mereka cuma minta dibayar 56 THB.

chiang mai thailand travel destination 1

Hari sudah malam dan kembali perut keroncongan harus segera di isi, lalu cari makan di sekitar Chiang Mai Night Bazaar dan kecewa karena tidak satupun menarik hati. Jadi kembali ke Chiang Mai Gate dan makan sekenyangnya. Ketika di GH, bertemu dengan Jojo dan di sambut dengan senyum ramah, yang kemudian tertawa geli mendengar petualanganku hari ini. Dia bilang hebat dan menurutku minta ampun. Sekarang waktunya istirahat panjang. Lega.

Terkadang saya senang juga melakukan hal – hal spontan seperti ini. Bahkan pernah sekali waktu ketika saya travel di Singapore dan bertemu dengan teman – teman traveler dari Jakarta yang tinggal di dormitory yang sama dengan saya. Setelah berbincang – bincang dan berbagi informasi mengenai travel destinations yang telah kami rencanakan, akhirnya saya memutuskan untuk gabung dengan mereka. Hasilnya pengalaman yang luar biasa dan memperkaya wawasan. All about travelling is always interesting, isn`t it?

Salam,

Erbina Barus

Related post read here:

Travel Murah Meriah ke Bali mengunjungi Tanah Lot

Travel murah meriah di Bali – mungkinkah?

Diving Spot di Bali – takkan terlupakan

Sepatu Nyaman buat Wanita

Merayakan hari Kemerdekaan Indonesia di Bali

Leave a comment

Filed under Travel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s